Sabtu, Maret 19, 2011

CARA MENGUCAP SALAM DAN CARA MENJAWAB SALAM, dan cara menjawab salam dari non muslim.

  • Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    “Tidaklah kalian akan masuk surga hingga kalian beriman, dan tidaklah kalian dikatakan beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan kepada sesuatu yang jika kalian mengamalkannya nisca...ya kalian akan saling mencintai, yaitu tebarkan salam di antara kalian.” (HR Muslim).

    MENGUCAP SALAM
    Berkata Imam Nawawi, “Ucapan salam minimal dengan perkataan ‘assalamu’alaikum’, jika yang disalami seorang diri, maka minimal ia mengucapkan ‘assalamu’alaika’, namun adalah lebih utama jika mengucapkannya dengan ‘assalamu’alaikum’, karena kalimat ini mencakup do’a bagi dirinya dan penyertanya (malaikat). Dan alangkah sempurna lagi ia menambahkan ‘warohmatullahi’ dan ‘wabarokatuh’, walau sebenarnya kalimat ‘assalamu’alaikum’ telah cukup.”

    MENJAWAB SALAM
    Imam Nawawi berkata, “Adapun cara membalas salam, lebih utama dan lebih sempurna jika mengucapkan ‘WA’alaikum as-Salam wa rohmatullahi wa barokatuh’, dengan menambahkan huruf ‘WAwu’ (yang mendahului kata ‘alaikum) atau tidak menggunakannya (membuangnya), hal ini diperbolehkan namun meninggalkan keutamaan. Adapun meringkasnya menjadi ‘wa’alaikumus salam’ atau ‘alaikumus salam’ saja sudah mencukupi. Sedangkan meringkasnya menjadi ‘alaikum’ saja, menurut kesepakatan ulama’ tidaklah
    mencukupi, demikian pula dengan ‘wa’alaikum’ saja yang diawali dengan huruf ‘wawu’

    BEGITU PENTING DAN DI ANJURKANNYA SALAM
    Dianjurkan untuk memberikan salam dan mengulanginya lagi jika terpisah dari saudaranya, walaupun hanya dipisahkan oleh jeda atau tembok. Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seorang di antara kalian bertemu dengan saudaranya, hendaknya ia memberinya salam, dan jika terpisah antara keduanya oleh pohon, tembok ataupun batu besar lalu bertemu kembali, hendaknya kalian mengucapkan salam lagi padanya.” (HR Abu Dawud).

    *Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika ahli kitab[non muslim] memberi salam padamu maka jawablah dengan wa’alaikum” (mutafaq alaihi).
  • yang jelas jangan pakai "ASS","CEMELEKOM","ASKUM" dan sejenisnya, karena itu tak ada artinya sama sekali, dan malah menghina kalau pakai "ASS" :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar